Anak Tangga Fenomenal Taman Botani Sukorambi


 


Jember adalah kota yang kaya akan warna dengan keanekaragaman budaya dari berbagai daerah, setiap daerah juga mempunyai ciri khas tempat wisata masing-masing, salah satunya adalah Taman Botani Sukorambi  yang bertempat di Jl. Mujahir, Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur.  

 
Merupakan Destinasi Wisata Jember yang popular

Mungkin ada yang bertanya kenapa diberi nama taman, Bagi sebagian besar masyarakat Jember pasti sudah pernah berkunjung ke Taman Botani Sukorambi, dan pasti juga tahu kenapa diberi nama atau dengan sebutan taman itu. Ya, Taman Botani Sukorambi adalah salah satu destinasi wisata Jember yang sebagian besar view nya adalah sebuah taman yang indah, yang dikelilingi oleh berbagai pemandangan alam nan elok rupawan, seperti kolam ikan, bunga-bunga. Bukan hanya itu, pernah nggak berkunjung ke Animal zoo? Nah...di Taman Botani Sukorambi juga terdapat beberapa hewan yang unik seperti burung, landak, kuda, dll. Siapa  juga yang hobinya berenang? Dulu, kalau dengar nama Botani pasti identik dengan kolam renangnya, ya...sekarang-pun masih ada kolam renang tersebut bahkan semakin indah.




Botani Zaman dahulu


Salah satu view air mancur pada zaman dulu

Sekarang sudah tertata rapi dengan taman dipinggir jalan

Dari masa ke masa Jember memiliki kesitimewaan tersendiri, terutama dibidang pengembangan wisata. Salah satunya yang sangat tampak adalah Taman Botani Sukorambi, mungkin juga sang owner dan pengelolanya yang super cerdik pula, sehingga tidak habis digilas zaman.


Anak Tangga Fenomenal

Dulu, TBS sudah dikenal dengan sebutan tempat wisata yang paling indah di Jember yang bertemakan taman, karena disana terdapat view yang beda dengan destinasi wisata lain. Menurut saya selain Botani, dulu belum ada destinasi wisata yang ber-view-kan taman, uniknya juga tempat wisatanya dibawah dataran, kalau bahasa jawanya “ngerong”, tentu hal inilah yang membedakan dengan tempat wisata yang lain.

Setiap berkunjung ke Taman Botani Sukorambi yang dibayangkan selalu tangganya yang sangat tinggi, hampir menyerupai anak tangga di tembok china saja ya hehehe. Turunnya sih kuat karena langsung meluncur, tapi pas pulang dan naik, belum sampai atas mata sudah berkunang-kunang hehehe. Itupun bagi yang tidak mampu mendaki, pihak karyawan menyediakan kendaraan yang bisa mengantarkan wisatawan sampai ke atas kok, tenang saja jangan takut duluan 😀.

Kolam renang yang memiliki beberapa step dan beberapa fungsi juga menjadi bagian dari tempat wisata ini, ada kolam utama yaitu kolam renang yang biasa dipakai para atlet atau pengunjung dewasa yang hendak melepaskan segala penatnya dengan berendam dan berenang. Ada juga beberapa kolam renang yang dikhusukan untuk anak-anak dengan beberapa step usia juga, yaitu kolam renang dengan kedalaman sedang dan kolam renang dengan kedalaman dangkal, ini dikhusukan bagi balita yang ingin belajar berenang  atau hanya sekedar bermain air. Wah, lengkap ya, memang sangat mengasyikkan berwisata di Taman Botani Sukorambi, mengingat ada beberapa edukasi juga yang dapat disampaikan pada anak-anak yang bisa dipandu oleh ortunya.

Botani Zaman Now




Semakin berkembangnya waktu, banyak pula bermunculan ide-ide kreatif para entrepreneur. Mereka mengembangkan berbagai ide yang salah satunya didapat dari gabungan ide-ide terdahulu atau bisa juga dari pengalaman pribadi dalam mengembangkan potensi. Salah satunya adalah semakin banyaknya destinasi wisata alam yang mengusung tema kolam renang, karena pada dasarnya tamasya yang digemari anak-anak adalah berenang.

Berenang adalah kegiatan yang bisa merelaksasikan otot-otot yang kaku menjadi lemas kembali, atau bisa juga me-refresh otak yang panas menjadi dingin kembali, bagi sebagian besar anak- anak, berenang adalah aktifitas yang sangat menyenangkan, selain bisa melatih otak kanan untuk berinteraksi dengan alam, juga bisa melatih gerak gemulai untuk perkembangan mental yang luwes.

Taman Botani Sukorambi dengan cantiknya perlahan-lahan juga mengembangakan kualitasnya sebagai destinasi wisata unggulan jember. Mengingat spot wisata nya yang berada tidak jauh dari kota, taman botani juga memberi tempat bagi para pebisnis yang akan menggunakan tempat wisata ini sebagai tempat gathering atau hanya sekedar meeting kantor. Beberapa acara yang sering saya lihat dimedia cetak dan sosial media, sering mendapati Botani dijadikan tempat gathering event-event bergengsi.

Dari jauh tampak Bapak Kapolres Jember sedang melantunkan lagu kekinian, suaranya merdu sekali, dilanjutkan dengan penampilan beberapa band dari berbagai sekolah di jember. Iya , ternyata sedang ada kontes band sekarisidenan Besuki. Tempatnya di TBS? Nggak kaget sih, Cuma pas berkunjung kesana niatnya mau bertamasya bareng keluarga, loh kok ada acara seru, jadi tambah senang dong bertamasya sambil dihibur dengan konser. 

Semakin bertambahnya waktu, Taman Botani Sukorambi semakin mengencangkan promosi diberbagai media dengan menawarkan spot-spot yang unik dan pelayanannya yang sangat memuaskan. Bayangkan saja, baru sampai didepan tempat pembelian tiket sudah disapa oleh bapak satpam yang sangat ramah,  senyum yang memukau dengan ramahnya menyapa dan memberi arah petunjuk menuju ke tempat wisata.
  
Harga tiket masuk untuk hari libur memang agak mahal dibanding hari biasa

Mobil kami parkir tepat didepan kebun hidroponik, kebun ini sangat meng-edukasi sekali, terdapat banyak tanaman yang tentunya ditanam dengan media air karena sesuai namanya yaitu hidroponik. Hasilnya dijual kemana ya? eh, teringat teman komunitas saudagar jember ada yang pernah menawarkan sayur hidroponik dan usut punya usut dia ternyata ambilnya dari sini.

Kebun Edukasi Hidroponik tampak depan



Banyak spot yang berubah, banyak pula property yang kekinian yang bisa dijadikan background untuk berfoto ria. Jalan-jalan nya semakin banyak perubahan, dari yang dulunya hanya satu arah menuju wisata utama, sekarang ada berbagai arah, tapi yang paling fenomenal adalah tangga yang menyerupai tembok china itu hehe. Jalan yang disediakan untuk kendaraan roda empat meluncur kebawah pun sudah diaspal jadi tidak ada kekhawatiran untuk terjun heehe.


Kendaraan untuk mengantar pengunjung naik turun area wisata

Memasuki wisata utama terdapat Animal zoo yang menarik, kebetulan yang kami sapa pada saat itu adalah Kuda, karena tempatnya berada dijalur memasuki area wisata. Ada juga taman Kelinci dan lainnya. Serasa berkunjung ke Animal zoo Surabaya saja heehe.
Jalan demi jalan sangat berbeda dengan Botani zaman dulu, disana tampak pula berjajar payung warna warni yang bergelantungan berjajar semakin memberi warna bagi pengunjung untuk menikmati wisatanya, disamping kanan kiri jalannya juga berjajar daun warna hijau yang segar, cantik dan berwarna.


Horse

Jalan setapak menuju kolam renang, dengan keindahan payung warna- warni

Taman Botani Sukorambi, tulisan yang besar yang ditempel di batu besar itu membuat para pengunjung serasa berada ditempat wisata pantai, batu besar identik dengan nuansa pantai dan sangat komplit rasanya ya, berkunjung disatu destinasi saja serasa berada di berbagai tempat. Dipinggir-pinggir jalan juga terdapat banyak sekali kendaraan roda empat yang sedang parkir. Ternyata kami memilih jalur untuk jalur roda empat tetapi dengan berjalan kaki. 



Dinding bebatuan bernuansa alami

Eh ada burung Nuri, banyak juga burung-burung didalam sangkar menunjukkan kecantikan sayapnya yang indah. Sangkarnya membuat nggak bebas ya...kayaknya nggak deh, soalnya satu burung disediakan sangkar yang sangat luas dan disediakan pula makanan dan minuman untuknya didalam sangkar.




Kolam Renang Utama, biasa dipakai orang dewasa atau para Atlit

Yuk berenang, waaaahhh kolam renangnya bersih dan banyak model. Sebetulnya sama sih kaya Botani zaman dulu, Cuma semakin cantik dan semakin banyak spot yang memukau diarea kolam. Seperti panggung konser yang letaknya pas didepan kolam, sehingga bisa menjadi spot yang indah untuk difoto. Jembatan gantungnya pun juga tambah bagus, model kolamnya semakin beragam, dan banyak property-property baru yang semakin mendukung keindahan alamnya. Disebelah kolam juga terdapat Mushollah untuk memudahkan kaum muslim melaksanakan ibadah sholat lima waktunya. Kamar mandi untuk ganti baju dan bersih- bersih badan pun terlihat bersih. 


Jembatan Gantung ditengah kolam renang

Kolam renang anak-anak, tampak dari jauh terdapat kolam lanjutan

Tampak dari atas kebawah kolam renang bagaikan anak tangga yang bertahap, diatas sendiri adalah kolam utama untuk dewasa, ditengah kolam untuk bermain anak–anak, disamping juga beberapa kolam menyerupai bak kecil serasa dirumah sendiri, dibawah tampak kolam luas yang bebas dipakai kalangan usia, disekeliling ada jalan sebagai penyekat pematang sawah dan destinasi wisata. Eh, ada kereta tuh lewat jes jes jes....kira kira seperti itu ya bunyinya hehehe. Kereta kelinci yang dinaiki anak-anak sempat melaju dengan sorakan seru penumpangnya. 

Kolam kecil menyerupai bak mandi pribadi, hehehe




Selain berenang, ada berbagai macam permainan yang bisa dinikmati di taman botani, semacam outbond dengan dunia taman kanak-kanak, terdapat ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, dll. Area permainan ini cukup asik juga, dan nggak hanya anak-anak saja yang bisa bermain tapi emak-emak juga suka hehehe, disebelah area tampak sawah yang terbentang luas, sejuk sekali. Sambil menjaga anak-anak sedang bermain, para ortu bisa menikmati pemandangan hamparan sawah yang hijau yang bisa mendinginkan hati yang sedang galau.

yuk out bond
Outbond Place
Seluncuran, salah satu obyek permainan dalam Outbond Place

Media pasir buatan

Spot terbaru, berada disebelah Outbond Place

Menyusuri jalan menuju pulang, terdapat taman yang sangat indah, dari atas tampak spot yang memukau dengan keindahan kolam ikan yang dikelilingi taman berbunga warna warni. Kolam ikan yang berisikan ikan emas dan sejenisnya memberi perasaan yang damai, ternyata ikannya buanyak sekali tertutup oleh tanaman air diatasnya.

Kolam ikan dengan dikelilingi taman nan cantik

Pompa air yang fungsinya mengalirkan air air mengalir hingga hilir

Kolam ikan nampak dekat, terlihat beribu-ribu ikan koi sedang berhamburan







Yuk ah pulang waktu sudah semakin sore, nggak terasa rasanya meski sudah seharian bermain dan menikmati keindahan nuansa alam Taman Botani Sukorambi. Yeyyy kembali bertemu dengan anak tangga fenomenal  nih. Kami memang sengaja memilih untuk melewati jalur anak tangga, karena selain melatih kekuatan nafas, juga agar badan biasa gerak dan nggak manja. Satu persatu tangga saya lalui dengan ngos-ngos-an, kalah saing sama anak-anak yang sudah berlarian jauh keatas. Entah berapa anak tangga sebetulnya jumlahnya, belum pernah menghitung sih, boro-boro menghitung, mengatur nafas saja susah hehee.

Spot pemandangan Kolam ikan dari atas

Arah menuju puncak "anak tangga fenomenal"

Haduuuh mata kembali berkunang-kunang, keringat dingin mengalir dan nafas serasa habis, mendapati anak-anak ternyata sudah bermain dengan Angsa. Ternyata disebelah kiri jalan ada Animal zoo lagi yang dihuni oleh beberapa unggas dan sejenisnya. Biarlah mereka bermain-main dengan unggas-unggas itu, emaknya sudah tidak mampu mengikutinya. Terdapat area permainan seru disebelah garis finish “tangga fenomenal” itu, hehe iya saya suka menyebutnya dengan nama “tangga fenomenal”. Area permainan itu adalah paralayang, atau biasa disebut flying fox, ngeri yaa...

Arah menuju jalan pulang, masih menemukan taman Kelinci

Pohon-pohon Kelapa yang menjulang berjajar di sepanajang jalan



Perjalanan pulang menuju tempat parkir masih ditemui beberapa spot wisata yang indah, yaitu berjajarnya banyak pohon kelapa yang menjulang tinggi disepanjang jalan. Mushollah besar juga disediakan untuk kaum muslim yang akan menunaikan sholat terlebih dahulu. Pengunjung yang hadir rata-rata tampak berseri-seri dengan berceloteh seru menceritakan pengalamannya. Tampak beberapa mobil yang baru naik dari area wisata melewati jalur yang sudah tersedia. Memang berbeda rasanya melewati jalur anak tangga vs jalur mobil. Bagi saya lebih seru melewati jalur anak tangga meskipun sempat berkunang-kunang. 

Taman Botani Sukorambi, teruslah maju dengan beragam aneka destinasi wisata, dan semakin mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga dapat menjalin sinergi yang istimewa  untuk kemajuan kota Jember tercinta.


Jember, 1 Mei 2018

Secercah Senja, Ratna Dias

Tulisan ini sebagai Artikel untuk mengikuti lomba blogging Destinasi Wisata Jember yang diadakan oleh Taman Botani Sukorambi x Blogger Jember Sueger.




Tags: blogcontest bloggerjembersueger destinasiwisatajember jembermakinrame lomablogdestinasiwisatajember  tamanbotanisukorambi

Anak Tangga Fenomenal Taman Botani Sukorambi Anak Tangga Fenomenal Taman Botani Sukorambi Reviewed by ratna dias on Mei 01, 2018 Rating: 5

11 komentar:

  1. Hamparan daun yang hijaunya bikin mata seger ya mbak, biaya masuknya juga ngak mahal tapi lumayan puas bagian dalemnya lengkap ternyata ya.

    BalasHapus
  2. Pengen lihat kelinci lucu-lucu uuu...

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Sudah kesekian kalinya mbak wkwk. Tapi tetep menggemaskan lah kelincinya.

      Hapus
    2. iya ya, ga kepikiran motret si kelinci

      Hapus
  4. seru banget liburan bareng keluarga kesini, skalian sikecil sambil belajar yah kak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biar ga bosen belajar di bangku mulu hehehe

      Hapus
  5. dua kali ke botani nggak lewat anak tangga, milih yg jalan biasa, tapi tanjakan dan turunannya bikin kaki mayan pegel hahaha

    BalasHapus
  6. hehe, berarti harus ketiga kali mbaa

    BalasHapus
  7. setuju dengan pilihan kata fenomenal, hahaha. dah ngerasain sendiri gimana "fenomenal"nya tanjakan ini, huftt. Tapi Worth to visit

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.