Kayu Manis Bikin Otak Jadi Encer

Kayu manis (cinnamon verum, sin. C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk kedalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas.

Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali dalam kitab-kitab perjanjian lama.

Indonesia merupakan salah satu negara produsen dan pengekspor rempah-rempah utama di dunia. Berbicara mengenai rempah-rempah, salah satu rempah-rempah yang diunggulkan di Indonesa adalah 'The Indonenesian cassi' atau dikenal juga dengan nama lokal 'kayu manis'. Tanaman ini merupakan tanaman yang sering dijumpai di daerah tropis.

Kayu manis berasal dari kulit kayu. Secara khusus, berasal dari lapisan dalam kulit kayu dari varietas pohon cemara, yakni genus Cinnamomum.
 
Kayu manis merupakan bumbu dapur yang bentuknya sesuai dengan namanya, yaitu berbentuk kulit kayu dengan aromanya sangat menggoda. Bentuk kulit kayu kering yang mirip dengan pelepah itu ternyata selain sebagai bumbu dapur juga sangat banyak manfaat yang didapat apabila kita mengkonsumsinya. Salah satunya adalah mengencerkan otak, ini hal yang sangat membahagiakan para emak yang menginginkan putranya mempunyai daya ingat yang tinggi.

Kita tahu bahwa kayu manis adalah bagian dari bumbu dapur yang biasa dipakai sebagai bahan pelengkap untuk menambah aroma makanan. Kayu manis berasal dari bagian dalam kulit kayu manis. Pohon ini banyak ditemukan di selatan India, meskipun telah dipanen di beberapa negara lainnya seperti Myanmar, Sri Lanka dan Amerika Selatan, termasuk Indonesia.

Kandungan kimia yang terdapat dalam kayu manis adalah minyak atsiri,eugenol yang banyak ditemukan dalam daun, safrol, sinameldehide, tanin, kalsium oksalat, damar dan penyaamak.

ada beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan:
  • Mengontrol gula darah, kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah.
  • Anti infeksi
  • meningkatkan fungsi otak
  • menurunkan kolesterol
  • mencegah pertumbuhan sel kanker
  • menghangatkan
  • mencegah penggumpalan darah
  • meringankan sakit pada penderita rematik
  • obat serbaguna
Lantas apa yang bisa dikatakan bahwa kayu manis memiliki khasiat  mengencerkan otak tersebut.
Mencium kayu manis dapat diketahui bisa meingkatkan aktivitas otak, meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja pada program komputer.

Menurut para peneliti di The Rush University Medical Center California mengatakan itu bisa membantu kemampuan seseorang untuk belajar. Dalam percobaan pada tikus laboratorium, tikus dengan kemampuan belajar yang buruk ditemukan menunjukkan peningkatan setelah makan bubuk kayu manis.

Melansir Fox News, studi sebelumnya menemukan bahwa orang dengan memori lambat punya kadar protein CREB yang lebih rendah. Protein di otak tersebut bertanggung jawab untuk ketajaman memori dan kemampuan belajar. Sebaliknya, mereka punya jenis protein GRABRA5 yang lebih tinggi di otak besar." Hal itu terjadi karena secara kimiawi, tubuh mengubah kayu manis menjadi sodium benzoate, yang meningkatkan kesehatan sel saraf " papar Pahan kepada Epoch Times.

Pada zaman now, kita tidak perlu repot-repot lagi untuk mendapatkan kayu manis dalam bentuk instant, dibeberapa toko bahan kue sudah tersedia bubuk kayu manis siap pakai. Bahkan para pembuat kue sekarang juga banyak menggunakan bubuk kayu manis ini untuk tambahan aroma kue.

So, moms yuk konsumsi bubuk kayu manis, sediakan  selalu bubuk kayu manis dalam menu urutan utama ya...bisa buat campuran minuman, snack atau dessert agar selera makan anak-anak meningkat dan yang paling penting adalah meningkatnya daya ingat karena otak yang encer. 

secercah senja,
Jember, 12 mei 2018


Ratna Dias






Kayu Manis Bikin Otak Jadi Encer Kayu Manis Bikin Otak Jadi Encer Reviewed by ratna dias on Mei 12, 2018 Rating: 5

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.