Mencintai Hutan Untuk Persembahan Dunia







 Cintai Hutan Indonesia


Bumi merupakan tempat dimana semua makhluk di dunia tinggal, didalamnya sangat kompleks terdapat beberapa unsur kehidupan yang saling berinteraksi. Hal yang sangat dirasakan adalah interaksi 3 element makhluk hidup yaitu manusia, hewan dan tumbuhan. 3 mahkluk hidup ini sangat saling membutuhkan untuk proses kehidupannya sehari-hari. Maka dari itu perlu adanya interaksi yang baik sehingga sama-sama saling menguntungkan.

Manusia merupakan makhluk hidup yang sangat besar perannya terhadap keselamatan bumi. Karena anugerah akal yang sempurna yang telah diberi Allah SWT sehingga dapat memberi pengaruh besar terhadap interaksi tersebut.

Adapun yang harus kita ketahui sebagai manusia tentang bumi adalah berupaya menjadikannya tempat yang layak sehingga dapat bertahan lama menikmati kekayaan alam, dan anugerah lainnya yang terkandung di bumi. Salah satunya yaitu dengan menjaga kelestarian hutan.

Hutan adalah suatu wilayah yang ditumbuhi oleh berbagai macam tumbuhan, seperti pepohonan besar, alang-alang, dan lainnya. Karena lebatnya pepohonan inilah maka didalam hutan dihuni oleh beberapa macam aneka hewan pula.




Indonesia adalah negara yang terkenal dengan keanekaragaman jenis hutan yang menyelimuti negeri. Hal ini patut kita jaga dan lestarikan, mengingat sudah banyak hutan-hutan yang terisolir dan dijadikan gedung-gedung menjulang tinggi.


6 Jenis hutan yang tersebar di Indonesia:


  1. Hutan Hujan Tropis, hutan dengan wilayah terbesar diseluruh Indonesia dan penghasil oksigen terbesar karena dipenuhi pohon-pohon besar.
  2. Hutan Musim, hutan yang terdapat hanya satu jenis pohon saja seperti: jati, pinud dan juga pohon sengon. hutan musim banyak terdapat di pulau Jawa.
  3. Hutan Bakau, dapat kita temukan pada daerah rawa dan juga tepian pantai. Manfaat Hutan Bakau antara lain:
    • Sebagai pemecah dan penahan ombak
    • Sebagai pencegah abrasi
    • Cara untuk melestarikan lingkungan
    • Sebagai tempat tinggal alami ikan-ikan kecil
    • Sebagai tempat tinggal beberapa species burung laut
  4. Hutan Sabana, hutan yang kebanyakan hanya ditumbuhi oleh tanaman jenis rumput seperti ilalang dan semak belukar
  5. Hutan Rawa, Tanaman yang biasa tumbuh adalah pohon Ranim
  6. Hutan Stepa, merupakan padang rumput yang sangat luas. Biasanya digunakan sebagai tempat pengembalaan ternak.
Banyak juga macam hutan di Indonesia, sedang yang sering kita dengar yaitu Hutan Hujan Tropis, dengan pepohonan yang sangat banyak dan banyak macamnya serta diisi dengan berbagai macam jenis hewan.

Fungsi dan manfaat setiap hutan juga banyak sekali untuk pencegahan bahaya alam yang sangat tidak kita harapkan, jadi dari sini kita masih tidak kepingin untuk melestarikan hutan? pasti semua ingin bumi ini selamat dari bahaya alam kan? kecuali Qada' yang telah digariskan oelh Allah SWT. Lebih baik mencegah daripada mengakibatkan bukan?.

Nah...daripada masih mikir bagaimana agar hutan-hutan tersebut tetap lestari, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.


6 Langkah Melestarikan Hutan:
  1. Melakukan reboisasi
  2. Menerapkan sistem tebang pilih
  3. Menerapkan sistem tebang-tanam
  4. Melakukan penebangan secara konservatif
  5. Memberikan sangsi kepada penebang yang melakukan penebangan sembarangan
  6. Tidak membuang sampah sembarang di hutan.
Pada umumnya hutan memiliki fungsi yaitu sebagai paru-paru dunia, karena oksigen yang dihirup oleh manusia juga berasal dari hutan.


6 Fungsi Hutan Bagi Bumi dan Manusia:
  1. Sebagai Paru-paru Dunia, hutan dapat menyerap gas karbon dioksida yang berbahaya bagi manusia dan menghasilkan gas oksigen yang sangat diperlukan oleh manusia
  2. Sumber Ekonomi, hasil-hasil hutan seperti kayu dan lainnya sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia
  3. Habitat Bagi Flora dan Fauna, sebagai rumah dan tempat tinggal bagi flora dan fauna
  4. Tempat Penyimpanan Air, air hujan yang jatuh ke bumi akan disimpan dalam akar-akar pohon yang ada di hutan
  5. Pengendali Bencana, menegendalikan banjir yaitu dengan menyerap air-air kedalam akar pohon-pohonnya. Juga sebagai pengendali longsor
  6. Mengurangi Polusi dan Pencemaran Udara, menyerap gas-gas yang menjadi biang terjadinya polusi seperti karbon dioksida, karbon monoksida. Terlebih jika gas-gas tersebut sudah berada pada tingkat diatas ambang normal.
Itu beberapa fungsi dari adanya hutan. Kalau dipikir-pikir ngeri gak sih seandainya di dunia ini gak ada hutan? lantas apa yang harus kita lakukan? apakah harus melakukan semua langkah-langkah seperti diatas? kalau menurut saya sih melakukan hal sederhana saja dulu. Bukankah hal besar bisa terlaksana kalau kita mau melakukan hal kecil? seperti tidak membuang sampah pada hutan, itu adalah hal paling sederhana yang patut kita jaga untuk bisa menyumbang sedikit usaha pelestarin hutan.

Indonesia dengan keanekaragaman budaya juga sangat terkenal dengan keindahan alamnya salah satu nya adalah hijaunya nusantara yang memberi pesona berbeda dengan negara lain, kalau bukan kita yang menghijaukan nusantara, lantas siapa lagi?



Emang seru sih bermain di hutan, meskipun yang pernah kami kunjungi hanyalah hutan buatan hehe. Udara yang sejuk membuat dada yang sesak kembali segar, mata yang buram kembali cerah dan hati yang galau menjadi berbunga-bunga, ehemmm

Mari berupaya melestarikan hutan, menghidupkan bumi, menghijaukan nusantara dan memperpanjang usia.

HUTAN ITU INDONESIA









Mencintai Hutan Untuk Persembahan Dunia Mencintai Hutan Untuk Persembahan Dunia Reviewed by ratna dias on Juli 10, 2018 Rating: 5

5 komentar:

  1. Negara lain itu akan banjir bahkan tenggelam klo hutan di indonesia gundul....

    BalasHapus
  2. maka dari itu mari kita jaga hutan dan melestarikannya yess mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess, ayo nanem pohon bikin hutan😁

      Hapus
  3. Pengen ke hutan rawa, belum pernah.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.